Asal Usul Kopi

Asal usul kopi
Photo by teepublic.com


Banyak sekali yang penasaran dan bertanya-tanya tentang bagaimana asal usul kopi sebenarnya. Bagaimana manusia dahulu kala dapat tau kalau dari biji di dalam buah kopi, dapat dihasilkan minuman yang enak dan mempunyai manfaat yang banyak. Beginilah asal usul kopi berdasarkan salah satu versi si Kaldi dan kambing-kambingnya.

Asal usul kopi bermula pada 800 tahun sebelum masehi, di sebuah desa di pedalaman Afrika,  terdapat kisah seorang peternak kambing bernama Kaldi yang melihat kambingnya bereaksi berlebihan. Sedangkan kelompok kambing yang lain tidak seperti itu. Petani ini penasaran, apa yang menyebabkan kambingnya menjadi seperti itu. Ternyata penyebabnya adalah buah beri yang dimakan oleh kambingnya.

Karena penasaran, Kaldi pun mencoba buah tersebut dan dia pun merasakan adrenalin yang berlebihan. Kaldi merasa bersemangat dan riang gembira. Saking gembiranya dia pun berlari untuk memberi tau kan khasiat buah beri ini kepada biarawan mengenai asal usul kenapa kambingnya bisa bertingkah seperti itu.

Biarawan yang tau khasiat beri itu kaget dan menolak buah itu karena dia berpikir bahwa buah itu adalah hasil pekerjaan setan. Kemudian sang biarawan membuang buah itu ke tumpukan api. Tanpa disangka, buah beri yang dibuang tersebut terpanggang dan menimbulkan aroma yang sedap. Biarawan tersebut kemudian mengambil buah itu, membuka buahnya dan menumbuk biji nya yang sudah terpanggang dan menyajikannya dalam bentuk minuman. Dan minuman itulah yang sekarang dikenal sebagai kopi. Begitulah salah satu legenda mengenai asal-usul kopi.

Kandungan kafein di dalam kopi berpengaruh pada reseptor adenosin. Adenosin adalah zat kimia yang menyebabkan kita mengantuk. Ketika minum kopi, kandungan kafein dalam kopi mengurangi rangsangan terhadap adenosin dan menambah hormon dopamin sehingga kita menjadi lebih segar. Dan hal inilah yang terjadi pada kambing peliharaan Kaldi tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Kopi"

Post a Comment