Juara Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 Wilayah Timur Dirajai oleh Common Grounds Surabaya

Indonesia Coffee Events (ICE) 2018
Para Judges. Pict by ig johniroadrunner

Gelaran Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 Wilayah Timur telah berakhir dan Common Grounds Surabaya keluar menjadi juara umum. Dari empat kategori yang diperlombakan pada ajang ini, tiga kategori disabet oleh Common Grounds Surabaya.  Hanya kategori Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) yang disabet oleh non Common Grounds Surabaya.

Para kompetitor telah mengerahkan kemampuan terbaiknya dan menghasilkan finalis di masing-masing empat kategori yaitu Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018, Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018, dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018. Berikut adalah finalis dan juara Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 Wilayah Timur.

Indonesia Barista Championship (IBC) 2018

Peraturan Indonesia Barista Championship (IBC) 2018 mengacu pada peraturan dan regulasi World Barista Championship (WBC) 2017 dimana pada babak final para peserta dituntut untuk menyajikan dua sajian berupa espresso dan milk based dengan bahan dasar kopi Indonesia. Total waktu yang diberikan adalah 30 menit dengan rincian 10 menit untuk persiapan, 10 menit untuk kompetisi dan 10 menit untuk pembersihan. Tiga besar akan langsung masuk kompetisi final pada 1 – 3 Maret 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center. Juara pertama akan otomatis masuk ke babak semifinal tanpa melewati babak kualifikasi di kompetisi final. Delapan belas kompetitor lain akan diambil dari peserta dengan skor tertinggi dari wilayah timur dan barat.


Indonesia Barista Championship (IBC) 2018
Juara Indonesia Barista Championship (IBC) 2018 Wilayah Timur, Arief Rachman. Pict by ig ariefblend
Pada kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) 2018 wilayah timur tahun ini, finalis tahun lalu, Yande Jaya Wirawan dari Expat Roaster Bali, Arif Rachman dari Common Grounds Surabaya, dan Jimmy Halim dari Common Grounds Surabaya kembali beradu memperebutkan gelar juara. Arif Rachman si “Barista Jahat” kemudian keluar sebagai juara. Di luar perkiraan, Jimmy Halim yang merupakan runner up Indonesia Barista Championship (IBC) 2016 dan 2017, gagal meraih tiga besar pada tahun ini. Namun Jimmy Halim masih berpeluang besar untuk maju pada kompetisi final yang akan dilangsungkan di Bali jika nilainya masuk delapan belas besar skor tertinggi pada kedua wilayah. Finalis Indonesia Barista Championship (IBC) 2018 wilayah timur adalah:
  • Arief Rachman (Common Grounds Surabaya)
  • Prawira Adhiguna (Hungry Bird)
  • Yande Jaya Wirawan (Expat Roasters)
  • Jimmy Halim (Common Grounds Surabaya)
  • Peter Tanunggal (Monopole Coffee Lab)
Baca juga : Kedai Kopi Terbaik di Malang yang Asik Buat Nongkrong
  
Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018

Sama dengan Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, peraturan Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018 mengacu pada peraturan dan regulasi World Latte Art Championship tahun 2017 dimana kompetisi  terbagi menjadi dua bagian.

Yang pertama adalah Art Bar dimana para kompetitor dituntut untuk membuat satu pola latte art. Waktu yang diberikan pada tahap ini adalah  15 menit dengan rincian 5 menit set up dan 10 menit presentasi. Yang kedua adalah Stage Presentation dimana para kompetitor harus membuat dua free pour latte yang sama dan dua desginer latte yang sama pula. Alokasi waktu yang diberikan adalah 13 menit dengan rincian 5 menit set up dan 8 menit presentasi. Sama seperti Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, tiga besar akan otomatis masuk kompetisi final Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018 yang akan diadakan di Jiexpo Kemayoran Jakarta pada 18 – 20 Juli 2018. Sedangkan 18 peserta sisanya akan diambil dari nilai tertinggi gabungan wilayah timur dan barat.

Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018
Effendi Prakarsa (kanan) keluar sebagai juara Indonesia Latter Art Championship (ILAC) 2018 Regional Timur. Pict by ig baristaguild.id

Juara pertama Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018 wilayah timur tahun ini dipegang oleh Effendi Prakarsa dari Common Grounds Surabaya yang kemudian disusul oleh dua orang finalis tahun lalu yakni Restu Sadam dari Hungry Bird Bali di tempat kedua dan Ni Putu Ayu Yanti dari Expat Roasters Bali di tempat ketiga. Berikut finalis Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018 wilayah timur: 
 
  • Effendi Prakarsa (Common Grounds Surabaya)
  • Restu Sadam Hasam (Hungry Bird Bali)
  • Ni Putu Ayu Yanti (Expat Roasters Bali 
  • Toni Waringgi (Common Grounds Surabaya)
  • Achmad Chomarudin (BC Street Coffee)
  • Usri Azis (Kedai Rakyat Indonesia)

Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018
 
Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018
Jawara Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018 wilayah timur, Hiro. Pict by ig _hirosan


Peraturan Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018 mengacu pada peraturan dan regulasi World Brewers Cup (WBrC) 2017 dimana terdapat dua babak yakni compulsory dan open service. Pada babak final dengan open service, para brewers dituntut untuk memberikan presentasi mengenai proses seduh dan jenis kopi yang dipakai. Tiga besar dari wilayah timur akan secara otomatis masuk pada kompetisi final Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018 di Jakarta. Juara pertama Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018 wilayah timur disabet oleh Hiro Panji Lesmana dari Common Grounds Surabaya. Berikut adalah finalis Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2018 wilayah timur:
  • Hiro Panji Lesmana (Common Grounds Surabaya)
  • Putu Widia (Expat Roasters)
  • Michail Seno Ardabuanna (Hungry Bird Bali)
  • Reskinov Agustian Perdana (Karakter Kopi)
  • Giant Pallacubang (Kopiapi Coffee)
  • Gandhi Pramita (independen)
Baca juga :  Kedai Kopi Terbaik Surabaya yang Melegenda

Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018

Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018
Finalis Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018 Wilayah Timur. Pict by ig baristaguild.id

Kategori terakhir pada Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 wilayah timur ini menuntut kepekaan dalam pengujian cita rasa kopi. Pada ajang tahun ini, gelar juara direbut oleh Tanry Fathky Dasril. Berikut adalah kedelapan finalis Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018 wilayah timur:

  •  Tanry Fathky Dasril
  • Anugrah Aji Pratama
  • Arif Widodo (Monopolo Coffee Lab)
  • Muhammad Abrori Jakfar Arif (Erfindo Jaya)
  • Dicky Mulyawan (Simply Brew)
  • Aldi Rifaldi (East Indische Koffie)
  • M. Alfiyanto (Vens Family Malang)
  • Felicia Tjoanda (118coffee) 
Para jawara ini nantinya kan bertarung lagi pada kompetisi final yang akan dilangsungkan di Bali dan Jakarta. Sampai ketemu di final!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juara Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 Wilayah Timur Dirajai oleh Common Grounds Surabaya"

Post a Comment