Kopi Espresso itu apa sih?

Kopi espresso adalah sajian terkenal dan hakiki dari kopi. Kopi espresso adalah esensi dari kopi yang sesungguhnya. Kopi espresso kaya akan rasa. Kopi espresso adalah ibu dari segala macam sajian kopi yang ada. Kopi espresso dibuat dengan mengalirkan aliran air panas yang sangat kuat yang kemudian melewati bubuk kopi yang sudah digiling sangat halus agar kemudian menghasilkan tekanan tinggi dan menghasilkan kopi espresso. Maka kemudian banyak juga orang yang menyebut bahwa kopi espresso adalah ekstraksi dari kopi.

Kopi Espresso
Kopi espresso benar-benar digali ekstraksinya. Ekstraksi dari kopi espresso ini juga akan menghasilkan apa yang kita sebut dengan krema. Krema yang merupakan bagian penting dari kopi espresso adalah cairan minyak berwarna cokelat di atas cairan kopi espresso yang kaya kan rasa, menimbulkan aroma yang nikmat, body kopi yang memenuhi penjuru mulut kita dan seharusnya tidak terlalu pahit.

Krema pada kopi espresso menandakan kesuksesan dan kehandalan seorang barista dalam membuat kopi espresso. Jika krema nya sedikit, maka kopi espresso nya tidak terlalu berhasil terkekstraksi yang berarti sang barista tidak terlalu handal dalam membuat kopi espresso. Sebaliknya jika krema nya banyak maka bisa dibilang bahwa sang barista telah sukses membuat kopi espresso yang sempurna.

James Hoffman dalam bukunya, The World Atlas of Coffee, menyebutkan bahwa krema adalah tanda penting dari kopi espresso. Pertama, dari krema kita dapat tau apakah biji kopi yang dipakai untuk membuat kopi espresso itu segar atau tidak. Jika krema kopi espresso nya banyak, hal tersebut menandakan bahwa biji kopi yang dipakai segar dan begitu juga sebaliknya. Kedua, krema juga menandakan kuat atau tidaknya rasa dari kopi espresso. Semakin pekat warna kremanya, maka semakin kuat juga rasa dari kopi espresso tersebut.

Sejarah Mesin Kopi Espresso

Luigi Bezzera adalah orang yang pertama kali mempatenkan mesin kopi espresso di tahun 1901. Luigi menyebut nama alat kopi espresso nya dengan nama Tipo Gigante. Di tahun 1905, Desidero Pavoni membeli hak paten dari mesin kopi espresso Luigi Bezzera dan kemudian memasarkannya dengan nama Pavoni Ideale.

Mesin Kopi Espresso
Pict by ig karfidovlab.com

Mesin kopi espresso moderen pertama kali dibuat pada tahun 1947 oleh Gaggia. Mesin kopi espresso ini adalah mesin pertama yang dapat membuat kopi espresso secara konsisten. Selain itu, mesin kopi espresso ini mudah digunakan dan harganya pun terjangkau. Inilah awal mula tren kopi espresso di Itali di awal abad 20.

Mesin Kopi Espresso Terbaik

Mesin Kopi Espresso Terbaik
Pict by caffeesociety.co.uk

Ketika ditanya, mesin kopi espresso terbaik itu sekarang apa? Mungkin saya akan menjawab bahwa mesin kopi espresso Victoria Arduino Black Eagle 2G T3 Technology adalah mesin kopi espresso yang terbaik pada tahun 2018 ini. Mesin kopi espresso ini dipakai pada berbagai ajang kompetisi barista dunia. Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 tahun ini juga memakai mesin kopi espresso ini.

Mesin kopi espresso ini didedikasikan kepada mereka yang mendedikasikan hidupnya pada kopi. Mesin kopi espresso ini didedikasikan kepada mereka yang benar-benar ingin belajar, meneliti, dan berkeksperimen untuk menghasilkan kopi espresso yang terbaik.

Teknologi pada mesin kopi espresso ini akan memanjakan para barista dimana semuanya sudah terpresisi dengan baik secara teknologi. Waktu seduh dan tekanan air pun dikontrol dengan sangat baik. Mesin kopi espresso ini memastikan bahwa kopi espresso yang disajikan terekstraksi dengan sempurna dan balance pada setiap seduhan kopi espresso.
 
Mau tau harga mesin kopi espresso terbaik ini berapa? Anda diharuskan merogoh kocek hingga Rp 175.000.000 untuk dapat membawa pulang mesin kopi espresso ini.  Luar biasa ya?

Jangan cemas. Jika Anda tidak punya uang sebanyak itu, banyak sekali pilihan mesin kopi espresso yang dapat Anda beli hanya dengan budget dibawah Rp 5.000.000. Delonghi adalah jawaban mesin kopi espresso bagi Anda barista rumahan yang ingin membuat kopi espresso di rumah dengan biaya yang kecil. Untuk hasil? Sudah cukup lumayan untuk menikmati kopi espresso yang nikmat.

Jenis Minuman Kopi Espresso Populer

Jenis Minuman Kopi Espresso
Pict by jamieoliver.com

Kopi Espresso merupakan bahan dasar dari berbagai macam olahan dan sajian kopi yang ada sekarang. Dari one shot kopi espresso, dapat disajikan berbagai macam minuman. Berikut adalah jenis-jenis minuman yang berbahan dasar kopi espresso:

Espresso – Kopi Espresso adalah ekstraksi kopi yang takarannya adalah 30 mL

Doppio – Double kopi espreeso adalah doppio. Doppio adalah dua shot kopi espresso.

Americano – Americano adalah minuman berbahan dasar kopi espresso yang ditambahkan air panas dan biasanya disajikan pada gelas demitasse.

Latte – Latte adalah minuman berbahan dasar kopi espresso dan susu yang sudah difrothing.

Cappucino – Cappucino adalah minuman kopi berbahan dasar kopi espresso dengan campuran susu yang sudah difrothing. Yang membedakannya dengan latte adalah pada foamnya dimana cappucino lebih banyak mengandung foam

Macchiato – Macchiato adalah minuman berbahan dasar kopi espresso yang kemudian hanya ditambahkan foam susu di atasnya.

Flat White – Flat white adalah minuman berbahan dasar kopi espresso yang campurannya lebih sedikit dari latte dan biasanya tanpa foam

Mocha – Mocha adalah minuman berbahan dasar kopi espresso yang ditambahkan cokelat

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kopi Espresso itu apa sih?"

  1. but after eating green food coloring all day a person’s teeth will quickly start to show that green dye. how to use percolator

    ReplyDelete