Rindu Kopi Surabaya: Kedai Kopi Terbaik Surabaya yang Melegenda

Kedai Kopi Surabaya
Paling kiri, Mas Harry. Paling Kanan, Mas Windu. Pict by Instagram rindukopi.

Kedai kopi ini terbaik versi saya, yang bukan siapa-siapa. Namun juga bukan tanpa alasan kenapa kemudian saya memilih ini sebagai salah satu kedai terbaik di Surabaya dan wajib Anda kunjungi.

Kedai ini berlokasi di Jalan Ngagel Rejo No 6 Surabaya. Berlokasi tepat di pusat kota Surabaya. Kedai ini “nyempil” di antara rumah dan ruko di jalan Ngagel Rejo. Agak sulit memang untuk menemukannya pertama kali. Selain memang kecil dan tidak nampak secara langsung, plang kedai kopi ini juga kecil mungil. Tak terlalu nampak bagi orang yang lalu lalang. Saya waktu itu hanya mengandalkan tuntunan dari gps agar bisa menemukannya.

Tempat Nongkrong Surabaya
Pict by Instagram rindukopi
Pertama kali ke kedai ini adalah masa awal dimana saya mulai menyukai kopi dengan cara penyeduhannya yang baik dan benar. Sampai ke kedai, saya masih ingat kondisi kedai ramai malam itu. Karena tempat parkirnya kecil dan agak menjorok ke jalan, delapan motor malam itu sudah cukup memenuhi lahan parkir yang tersedia.

Saya tengok ke dalam. Pengen masuk ke kedai kopi ini, tapi bingung mau parkir dimana. Mungkin karena saya terlihat bingung dan kesulitan, seseorang yang berambut gondrong melihat saya dari dalam kedai dan keluar menghampiri saya di luar.

“Mas, mau parkir ya?” tanya orang itu kepada saya. Saya jawab, “Ya mas. Saya mau parkir.” Dan setelah itu, mas gondrong ini membantu saya memarkirkan motor saya. Belakangan saya tau nama mas nya adalah Harry. Mas Harry ternyata salah satu founder dari kedai kopi ini. Founder yang lain bernama Windu. Kedua nama founder ini lah yang jika digabungkan akan menjadi nama dari kedai kopi ini. Harry dan Windu, menjadi Rindu Kopi.

Itu lah awal perkenalan saya dengan Rindu Kopi. Sebuah kehangatan dan keramahan tak kenal pandang bulu pada siapa pun yang datang. Walau kepada saya yang datang dengan bulukan belum mandi pun. Hal tersebut juga yang kemudian menjadi salah satu alasan kenapa kedai kopi ini terbaik di Surabaya.

Di Surabaya, kedai kopi menjamur dewasa ini. Mulai dari kedai dengan konsep manual brewing, sampai kedai kopi dengan modal besar yang mempunya mesin espresso berharga mahal. Apalagi warung kopi. Kayak semut. Banyak sekali jumlahnya. Lalu apa yang membedakan mereka? Apakah hanya masalah konsep kedai atau juga mesin-mesin espresso mereka?
Saya ketika datang ke Rindu Kopi pertama kali adalah seseorang yang baru saja mengenal kopi. Layaknya para pecinta kopi di awal kecintaan mereka terhadap kopi, rasa ingin tau terhadap kopi biasanya membuncah tinggi. Penasaran sekali dengan rasa kopi dan biasanya kadang rasa tau itu dapat bermanipulasi menjadi sok tau yang sangat tinggi juga. Nah saya, agak pemalu. Saya ingin tahu kopi tapi bingung bagaimana.

Kedai Kopi Surabaya
Pict by Instagram sendu_coffee
Di Rindu Kopi, Anda bisa belajar banyak. Selain keramahannya, kedai kopi yang juga sering disebut sebagai bar senggol ini, juga memberikan kesempatkan kita untuk melihat langsung setiap detil proses pembuatan kopi yang kita pesan di depan meja bar kedai kopi mereka. Mulai dari biji apa yang digunakan, berdiskusi tentang ukurang gilingan kopi, suhu air, alat-alat seduh kopi, metode penyeduhannya, waktu penyeduhannya, gramasi kopi, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut kemudian dibalut senda gurau yang ringan yang semakin memaniskan suasana kedai. Bahkan, ada diperbolehkan bikin kopi sendiri. Anda diperbolehkan untuk mengobrak abrik kedai. Hehehe. Dan ini yang belum tentu ada di kedai kopi lain.

Di kedai kopi besar, mungkin kita hanya sebatas pengunjung. Datang, pesan kopi, dan kopi datang. Tanpa tau proses pembuatannya. Biji apa yang dipakai. Boro-boro tau kalo ternyata si Barista adalah juara. Bahkan namanya saja mungkin kita tidak peduli. Yang kita tau mungkin hanya sebatas tukang seduh kopi. Dan kemudian kita pulang. Hampa. Menurut saya, ngopi tidak hanya bermakna seperti itu.

Di Rindu Kopi, bukan kue bernama sulit khas eropa yang disajikan. Hanyalah kopi dipadu padankan dengan telo rebus. Ya. Telo Rebus. Tapi segala keramahannya dan suasana kedai kopi ini, memberikan saya pengalaman baru dalam menikmati kopi. Berasa bukan sedang di kedai kopi. Tapi di rumah sahabat lama kita dan kita dibikinkan kopi oleh sahabat kita. Tanpa harus canggung karena belum mandi atau berpakaian seadanya. Sesederhana itu.

Kedai kopi kecil ini kenapa saya sebut melegenda? Selain karena kehangatannya, kedai kopi ini mampu bertahan terhadap gempuran kedai kopi besar dengan pemodal besar. Belum lagi ditambah dengan fakta bahwa peminum kopi di Surabaya adalah orang itu-itu saja. Jadi, kedai kopi kecil seperti ini, yang tanpa wifi, mungkin sering sepi pengunjungnya. Melegenda? Karena mungkin menurut saya, pecinta kopi pasti sudah mengenal dengan baik nama Rindu Kopi. Khususnya dari Surabaya. Coba tanya mereka. Tau Rindu Kopi? Biasanya mereka tau.

Mungkin banyak orang di luar sana yang mampu membuat kopi dengan enak. Setiap hari mereka bertambah jumlahnya. Namun apa yang membuat mereka kekal? Juara kopi mungkin tidak akan selamanya, tapi persahabatan, adalah suatu hal yang abadi. Datanglah ke kedai ini. Sapa baristanya. Selamat bergabung menjadi keluarga pejuang rindu. Sampai ketemu di sana. Dan saya tunggu cerita Anda :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rindu Kopi Surabaya: Kedai Kopi Terbaik Surabaya yang Melegenda"

Post a Comment