Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar

Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar
Pict by ig kedai_sipulung
Kedai kopi Sipulung baru dibuka hampir di penghujung tahun 2017. Lokasinya cukup strategis berada di kawasan Nginden dekat dengan Universitas 17 Agustus Surabaya. Kedai kopi Sipulung hadir menambah ragam dan warna dari kedai kopi manual di Surabaya.

Kedai kopi ini berada di kawasan kompleks ruko Mezzanine daerah Nginden Surabaya. Jika teman-teman bingung, teman-teman dapat mengikuti navigasi via aplikasi untuk mencari kedai kopi ini. Setelah masuk ke dalam kompleks  ruko Mezzanine, akan terpampang jelas sebuah logo berbentuk kepala manusia yang imut dan bertuliskan “kedai sipulung”. Nah itu lokasinya.

Kedai kopi Sipulung ini berlantai dua. Di lantai pertama ada bar utama dengan tv. Di luar kedai kopi, meja dan kursi berjejer mengelilingi kedai. Asik dan seru untuk teman-teman yang suka nongkrong sambil ngopi  menikmati udara malam. Di lantai dua, dingin dengan pendingin ruangan.

Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar
Pict by ig kedai_sipulung

Kedai kopi sipulung buka dari pagi jam 11 sampai dengan malam jam 11. Hari senin kedai sipulung libur. Secara keseluruhan, kedai ini memang seru. Selain tempatnya yang memang nyaman, aroma lain yang khas dari kedai ini adalah nuansa Makassarnya kental sekali.

Saya kurang tau betul makna, arti dan filosofi dibalik nama sipulung. Yang saya tangkap ketika pertama kali ke kedai kopi ini adalah bahwa barista dan cook  di kedai kopi ini mungkin semuanya dari Makassar. Kelihatan dari bahasa dan logatnya yang khas. Ornamen-ornamen khas Makassar pun banyak di kedai kopi sipulung. Ternyata benar. Setelah saya tanyakan, memang barista dan cook nya benar dari Makassar. Nongkrong di kedai sipulung memang berasa nongkrong sambil ngopi di Makassar.

Selain barista, cook, dan suasananya yang khas Makassar banget, biji kopinya pun mayoritas datang dari pulau Sulawesi.  Diroasting juga oleh roastery terkenal dari Sulawesi yakni fatgoat. Fatgoat Roastery sudah lama dikenal orang dengan roasternya yang kawakan. Jadi jangan ragukan kualitas kopi yang ada di kedai sipulung ini. Dijamin enak.

Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar
Pict by ig kedai_sipulung

Di kedai kopi sipulung, kita dapat melakukan interaksi langsung dengan baristanya. Komunikasi antara barista dan pengunjung begitu lunak. Kita bebas untuk bertanya apapun tentang kopi dan segala macam proses seduhnya. Bahkan kita diperbolehkan juga untuk menyeduh kopi kita sendiri. Kalau belum pernah jangan takut. Barista di kedai sipulung akan dengan senang hati memberikan bantuan dan arahan kepada kita.

Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar
Pict by ig kedai_sipulung
 
Selain kopi yang enak, di kedai sipulung teman-teman juga dapat mencoba makanan dan kudapan khas Makassar lainnya yaitu mi titi dan es pisang ijo. Saya yang baru pertama kali mencoba mi titi pun langsung jatuh cinta dengan olahan mi ini. Mi yang agak sedikit keras kemudian dibalut dengan kuahnya yang kental dan creamy. Sayuran melengkapi mi titi ini. Menurut saya mi ini enak sekali dan teman-teman wajib mencoba mi titi kedai sipulung ini jika berkunjung ke sini.

Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar
Pict by ig kedai_sipulung

Untuk urusan harga, lumayan membuat saya kaget karena semuanya murah meriah. Untuk cappucino seingat saya hanya 14ribu perak. Mi titinya ada di harga 20an ribu. Pokoknya harganya dibawah 20 ribu untuk kopi nya. Kopi nya enak tapi murah. Murah meriah dan ringan untuk kantong mahasiswa. Bagi teman-teman yang ingin menikmati kopi dengan suasana yang berbeda di Surabaya, silahkan kunjungi kedai kopi sipulung ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedai Sipulung: Berasa Nongkrong Sambil Ngopi di Makassar"

Post a Comment