Kopi Gayo Rasa Fruit Tea Blackcurrant

Kopi Gayo Rasa Fruit Tea Black Currant
Pict by ig gayo97coffee

Kopi gayo yang datang dari ujung barat pulau Sumatera sudah banyak dikenal oleh orang baik dalam maupun luar negeri. Siapa yang tidak mengakui kelezatan dan kenikmatan dari setiap seruput dari kopi gayo. Penikmat kopi dari berbagai belahan dunia pun mengakui kualitas dari kopi gayo ini dan dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Jika Anda berkunjung ke kedai di luar negeri dengan basis kedai kopi yang sudah berada di seluruh dunia, yang pasti Anda sudah familiar dengan nama kedai kopi ini, Anda akan menemukan kopi gayo dalam daftar menu mereka. Tetapi dengan nama yang berbeda. Nama kopi gayo di luar negeri sudah biasa dikenal orang dengan nama Sumatra.


Kopi Gayo Rasa Fruit Tea Black Currant
Pict by amazon.com

Kopi gayo yang kita kenal sekarang mayoritas datang dari dataran tinggi aceh yang terbagi menjadi tiga daerah utama sentra penghasil kopi gayo. Daerah tersebut adalah Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Karakter dan rasa dari kopi gayo sendiri dibagi menjadi dua rasa kelompok besar yaitu perisa dan gula cokelat. Namun rasa dan karakter dari kopi gayo cenderung tidak konsisten secara keseluruhan karena tiap buah kopi gayo yang dihasilkan berasal dari ketinggian, cara tanam dan varietas yang berbeda  walau berada di dalam satu kawasan. Kopi gayo yang akan coba kita review juga berasal dari varietas yang beragam. Oleh karena itulah rasa dari kopi gayo jarang sama satu dengan yang lainnya dan sangat menarik untuk kita coba.

Perbedaan varietas dari kopi gayo sendiri juga disebabkan oleh proses perkawinan silang antara kopi arabika, linie, dan timor timur robusta yang kemudian menghasilkan kopi multi variestas gayo. Kopi ini dapat kita temukan pada perkebunan Pak Masir di Aceh.

Salah satu kopi gayo yang pernah membuat saya terkesima adalah kopi gayo bergendalisme hasil sangrai dari rumah sangrai Sangraiisme di Bekasi. Kopi gayo bergendalisme ini disangrai oleh Bang Richard. Seorang roaster yang sudah memegang sertifikasi dari SCAI Indonesia dan AEKI. Bang Richard juga pernah menjadi juara dua Roasting Rembug Nusantara 2017 dan juara 5 pada SIROC Roasting Competition 2017.

Kopi Gayo Rasa Fruit Tea Blackcurrant
Pict by ig sangraiisme


Pada saat pertama kali saya menerima kopi gayo bergendalisme ini, kopi ini dibungkus rapi oleh lakban dan sangat rapat. Tapi ada bau harum yang begitu kuat keluar dari dalam bungkus biji kopi ini.

Saya heran, aroma nya begitu kuat sehingga keluar dari bungkusnya walau sudah dibungkus dengan sangat rapat. Aroma yang keluar pun harum dan unik. Teman-teman saya yang saya coba tanya mempunyai jawaban yang berbeda terhadap aroma yang keluar dari kopi gayo bergendalisme ini. Satu teman merasa bahwa aroma kopi gayo bergendalisme ini lebih ke arah duren. Teman saya yang lainnya berasumsi bahwa aromanya beda dari kopi yang lain.

Seakan belum cukup dibuat terpukau, saya kembali dibuat diam setelah mencicipi rasa dari kopi gayo bergendalisme ini. Kopi gayo natural ini masih tetap mengeluarkan rasa pahit khas kopi natural lainnya. Namun, rasa manis yang muncul setelah rasa pahitnya hilang begitu nyaman di lidah dan bertahan lama. 

Setelah menjadi lebih dingin, rasa pahitnya lumayan tidak kuat lagi. Rasa manis dan acid pun mulai keluar. Body nya begitu tebal. Saya kaget dan berpikir bahwa rasa dari kopi gayo bergendalisme ini mirip dengan rasa Fruit Tea Blackcurrant tapi sedikit lebih pahit.

Kopi Gayo Rasa Fruit Tea Blackcurrant
Pict by ig bangskenot
Saya kagum dan makin percaya bahwa kita juga mempunya kopi-kopi yang nikmat dan berkualitas tinggi. Sekarang tinggal petani, roaster dan kita sebagai penikmat mau atau tidak menghargai kopi hasil bumi pertiwi kita sendiri. Selama diolah dengan proses yang baik dan tepat, saya yakin suatu saat kopi kita akan mampu bersaing di mata dunia. Gayo oh gayo..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kopi Gayo Rasa Fruit Tea Blackcurrant"

Post a Comment