Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya

Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya
Pict by ig ruangtemu_coffee
Ruang Temu Coffee Surabaya pertama kali saya tau itu dari instagram story nya mas Harry Rindu Kopi. Waktu itu mas Harry cerita bahwa ada kedai kopi yang baru saja dibuka di Surabaya. Mas Harry sedang berkunjung ke kedai itu dan nama kedainya adalah Ruang Temu Coffee. Dan total sudah empat kali saya ke Ruang Temu Coffee sampai hari ini.

Baca juga : Rindu Kopi Surabaya

Nama yang cukup unik. Ruang Temu. Mungkin empunya berharap kedai kopi nya bisa menjadi tempat untuk bertemu banyak orang. Dari instagramnya, kedai nya terlihat menarik. Namun alasan pertama kali saya ke Ruang Temu Coffee adalah karena lokasi nya yang cukup dekat dengan kantor tempat saya bekerja.

Selain itu, kedai kopi Ruang Temu juga buka lumayan pagi daripada kedai kopi lain di dekat kantor saya. Jam 11 pagi Ruang Temu sudah buka. 11 pagi mungkin sudah terlalu siang buat kebanyakan orang. Namun untuk jam buka kedai apalagi di Surabaya, ini cenderung pagi. Karena kedai kopi di Surabaya mayoritas baru buka di sore hari.

Datanglah saya ke Ruang Temu Coffee. Waktu itu saya berkunjung siang hari. Tepat jam setengah satu saya sampai di Ruang Temu Coffee. Lumayan tricky untuk dapat menemukan Ruang Temu. Kedai ini kecil berada di pinggir jalan dan papan nama kedai juga kecil. Kedai ini berada di samping persis sebuah galeri bernama Urban Point. Saya lupa pastinya apakah Ruang Temu ada papan penunjuk atau tidak. Untuk gampangnya teman-teman dapat menggunakan gps agar bisa menemukan lokasi Ruang Temu Coffee.

Di tengah siang hari yang bolong plong dengan panasnya Surabaya yang begitu menusuk, kedai kopi Ruang Temu hadir bak oase di padang pasir. Hal tersebutlah yang pertama kali saya rasakan ketika masuk ke Ruang Temu Coffee. Dari luar mungkin akan terlihat biasa saja. Namun ketika pintu kedai Ruang Temu Anda buka dan masuk, mungkin Anda akan malas sekali rasanya untuk beranjak keluar.

Alunan musik indofolk yang syahdu mendayu-dayu di dalam kedai Ruang Temu Coffee. Pendingin ruangan mendinginkan hati dan pikiran dari kontrasnya suhu udara di luar. Nyaman. Itulah hal yang saya rasakan ketika berkunjung pertama kali ke Ruang Temu Coffee.

Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya
Suasana yang begitu nyaman. Pict by ig ruangtemu_coffee
Dari segi desain interior, kedai kopi Ruang Temu ini kecil mungil namun tertata rapi. Jadi perasaannya lega dan plong di dalam kedai Ruang Temu. Desainnya sederhana namun pas untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Ada spot yang cukup menarik bagi saya. Spot itu ada di dekat kaca depan Ruang Temu Coffee dan terdapat meja panjang dengan pandangan luas ke luar kedai. Syahdu rasanya kalau ngopi di spot itu. Anda wajib coba.

Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya
Pict by ig ruangtemu_coffee

Dari segi rasa, Ruang Temu Coffee memang tidak main-main. Ketika saya ke sana, pilihan beans nya banyak, bagus dan berkualitas. Beansnya datang dari roastery-roastery besar dan terkenal dari dalam dan luar negeri. Semuanya terlihat jelas dari pack yang ada di belakang meja bar.

Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya
Pict by ig ruangtemu_coffee

Waktu saya datang ke Ruang Temu Coffee setidaknya ada Five Elephant, Hungrybird Bali, Curious People, Smoking Barrels, Gordi, dan lain sebagainya berjejer di belakang meja bar. Namun saying hanya tinggal bungkusnya saja. Yang tersedia waktu itu ada Rahayu Roastery dan Noahs Barn. Untuk spro mereka sedang ada Juno The Coffee Company. Luar biasa kan. Dengan melihat deretan kopi dari roastery tersebut, kopi yang dihasilkan dan disediakan di Ruang Temu Coffee benar-benar beragam dan berkualitas enak.


Saya waktu ke sana bertemu dengan seorang barista yang saya lupa namanya. Mas barista ini dari Jakarta dan sedang menempuh pendidikan di UPN Surabaya. Di Ruang Temu Coffee beliau bekerja paruh waktu, Ada perkataan dari Mas Barista ini yang membuat saya berpikir lebih dalam lagi ketika saya tanya pernah kah yang bersangkutan mengikuti lomba menyeduh kopi. Mas Barista menjawab bahwa dia belum pernah ikut lomba menyeduh kopi. Mas barista berpendapat bahwa kopi itu lebih dari sekedari perlombaan. Tapi kopi adalah bagaimana kita dapat memberikan pengalaman yang baru dalam hal menikmati kopi kepada setiap orang. Keren. Mas Barista ini berencana untuk ke Australia dan memperdalam ilmu kopinya lagi. Entah apa sekarang masih bekerja di Ruang Temu Coffee atau tidak.

Dari empat kali total kunjungan saya ke Ruang Temu Coffee, semuanya berkesan. Namun ada satu kopi yang membuat saya geleng-geleng untuk pertama kali nya dalam menikmati kopi. Dan itu saya temukan di Ruang Temu Coffee.

Waktu itu malam hari dan saya pesan mokanisa dari Nylon Coffee Singapore. Saat selesai diseduh, barista yang sedang bertugas menyodorkan server kopi ke saya dan berkata bahwa aromanya bunga. Saya berkenyit tidak percaya. Beberapa detik kemudian saya dibikin terdiam. Ternyata benar bahwa aromanya adalah bunga dan begitu kental sekali. Orang awam pun mungkin akan sadar bahwa aromanya adalah aroma bunga. Baru kali ini saya merasakan kopi dengan aroma bunga yang enak sekali.

Baca juga: Juara Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 Wilayah Timur

Selain kopi nya yang enak, tempatnya yang instagramable dan nyaman, Ruang Temu Coffee ini ternyata juga menjadi tempat nongkrongnya bule di Surabaya. Saya kurang tau benar apakah semua bule di Surabaya tempat nongkrongnya di Ruang Temu Coffee. Namun dari setiap kunjungan saya ke Ruang Temu Coffee, mesti ada saja bule yang sedang nongkrong sambil ngopi di sini.

Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya
Pict by ig ruangtemu_coffee
Usut punya usut, dari pengamatan saya, bule-bule ini mungkin datang dari apartemen metropolis di seberangnya Ruang Temu Coffee persis. Budaya ngopi orang luar negeri adalah ngopi di pagi hari. Ruang Temu Coffee yang dekat dengan apartemen pun menjadi tempat ritual pagi mereka.

Mulai dari bule Amerika Latin dengan kulitnya yang eksotis, sampai dengan bule yang berambut pirang layaknya Justin Bieber pernah saya liat nongkrong ngopi di sini. Kece kan. Jadi teman-teman kalau mau ngopi sambil liat bule bisa datang ke Ruang Temu Coffee.

Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya
Pict by ig ruangtemu_coffee
Kehadiran bule di Ruang Temu juga menjadi sinyal bahwa Ruang Temu Coffee kopinya enak sampai bule pun demen untuk nongkrong dan berlama-lama di sini. Luar biasa memang pengalaman yang saya dapatkan dari Ruang Temu Coffee. Lokasi yang dekat dengan kantor saya pun bukan menjadi alasan utama lagi dari kunjungan saya ke Ruang Temu Coffee. Tapi kualitas rasa dan makna dari secangkir kopi di Ruang Temu Coffee yang akan saya cari walau jaraknya jauh sekalipun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ruang Temu Coffee Surabaya: Tempat Nongkrong Bule di Surabaya"

Post a Comment